Selasa, 07 Juni 2011

Esensi Mandi

Semua orang tahu, walaupun saya perempun saya adalah orang yang malas mandi...kalo tidak kemana-mana saya cukup mandi sekali saja. Malah kadang-kadang saya suka lupa mandi. Tapi kalaupun lupa hanya sehari saja :)). Agama saya mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman jadi membersihkan diri juga sebenarnya merupakan bentuk keimanan kita ya...tapi entahlah mengetahui hal tersebut pun saya tetap saya tetap saja malas mandi kecuali mandi wajib :p

Jadi sebenarnya apa sih esensi dari mandi itu?
Esensi mandi adalah membuang segala kotoran yang menempel pada tubuh  Selain untuk menjaga kebersihan mandi juga sangat baik untuk kesehatah. Para ahli dermatolog sepakat, menjaga kebersihan kulit dengan mandi adalah perawatan standar paling sederhana. 

Sebenarnya saya juga merasakan efek dari mandi itu adalah badan terasa bersih dan segar tapi saya tidak suka dengan efek yang ditimbulkan pada kulit saya setelah mandi. Kulit menjadi gatal-gatal, bentol dan kemerahan. Sangat menyiksa. 

Untuk lebih meningkatkan esensi dari mandi itu ada pertanyaan apakah kita sudah mandi dengan benar? Ternyata cara mandi yang salah dapat berpengaruh terhadap tubuh, apalagi bagi orang yang gampang terkena penyakit masuk angin dan influenza. Cara mandi yang salah akan menimbulkan panas dalam tubuh terparangkap di dalam badan shingga keseimbangan hawa panas dalam tubuh menjadi terganggu. Untuk menghindari hal tersebut  ada urutan cara mandi yang benar seperti di bawah ini:
  • Menyiram muLai dari ujung jari kaki (kanan dan kiri) ke arah aTas sampai LuTuT;
  • Meniyam muLai dari  LuTuT (kanan dan kiri) ke arah aTas sampai  bagian peruT;
  • Menyiram muLai dari bagian peruT ke arah aTas sampai pundak;
  • Menyiram muLai jari ujung jari Tangan (kanan dan kiri) sampai ke pundak;
  • Menyiram muLai dari bagian Leher ke arah aTas sampai kepaLa.
  • MenyikaT Gigi
 Waduh...mandi yang maem cebar-cebur aja suka males apalagi dengan aturan seperti ini ya...Tapi kalo kita kembali ingat esensi dari mandi itu sendiri sebaiknya usahakanlah untuk mandi setiap hari minimal dua kali ( untuk orang lain) dan cukup sekali saja untuk saya pribadi hahaha......



Tidak ada komentar: